Kamis, 12 Februari 2009

KANRE SANTAN


Berkunjung ke Parepare , maka tak lengkaplah rasanya bila tidak menikmati kanre santan atau biasa disngkat dengan kanse.Kanse merupakan nasi yang dicampur dengan air santan dan dihidangkan bersama dengan aneka lauk yang tersedia.

Campuran air santan inilah yang membedakan dengan makanan lainnya, yang bisa menambah selera makan bagi para penikmatnya.Kanse ini biasanya disajikan bersama dengan ikan tuna goreng, nasu palekko ( daging bebek yang diiris kecil-kecil), dan berbagai menu lainnya.

Biasanya makanan ini banyak disukai orang pada malam hari dan bahkan sampai tengah malam,warung-warung kanse masih terbuka. Untuk mendapatkan kanse ini, bisa kita dapatkan di jalan pertamina dan beberapa tempat lainnya di Parepare. Di sana bisa kita beberapa warung menyediakan kanse dengan aneka lauk seperti ayam bebek,telur.dan sebagainya.

Makanan ini tergolong murah, karena hanya merogoh kocek sekitar Rp.6.000 saja,maka kita sudah bisa menikmatinya dengan lauk berupa ayam atau bebek ditambah dengan perkedel dan mie.Untuk menambah dengan lauk lainnya, tentunya harus juga membayar lebih.(Muh.Yusni)